Blokir dan Batalkan Pertemanan Facebook, Bukan Solusi Sembunyikan Rahasia

Kamis, Oktober 17th 2013. | Facebook

Sebagai pengguna Facebook, Anda pasti pernah membaca atau bahkan membuat sendiri status seperti berikut ini

“Dasar luh bego, ga tau diri…”,

“si Bos marah2 mulu, gue jitak baru tau dia…”,

“Lagi di mall, bersama calon istri muda”..?

atau status-status lain yang bernada sama.

Ada kalanya kita memiliki suatu kejadian, keadaan, atau keinginan yang tidak ingin diketahui oleh orang tertentu namun ingin dibagikan dengan sebagian orang lainnya. Sebut saja sesuatu tersebut adalah ‘rahasia sebagian’ karena memang bersifat rahasia untuk sebagian orang namun bersifat umum bagi sebagian lainnya.

Bila memiliki ‘rahasia sebagian’, sebaiknya Anda tetapkan saja sebagai ‘rahasia penuh’. Hal ini penting dilakukan terutama bagi pengguna Facebook aktif yang selalu update status terbaru dari setiap kondisi yang terjadi.

batalkan-pertemananBila Anda berani sekali saja meng-update status ‘rahasia sebagian’ kepada kronologi Facebook Anda, maka ‘rahasia sebagian’ tersebut bukan lagi rahasia karena sudah bisa diketahui semua orang.

Mungkin Anda berfikir tidak masalah karena orang-orang yang tidak ingin tahu status Anda tidak berteman, sudah dibatalkan pertemanannya, atau bahkan diblokir sekalian agar tidak bisa membaca status ‘rahasia sebagian’ Anda tersebut.

Cara berfikir seperti itu adalah keliru. Setiap update status di Facebook, itu artinya Anda merelakan pengguna Facebook lain membaca status Anda, kecuali jika Anda mengatur privacy status Facebook ke ‘Hanya Saya’ sehingga teman maupun publik tidak bisa membaca dan hanya Anda yang bisa melihat status tersebut.

Lalu, bagaimanakah caranya pengguna Facebook yang sudah dibatalkan pertemanan bahkan diblokir tapi tetap bisa membaca status Anda?

Insya Allah, dikesempatan lain akan dilanjut artikel ini dan membahas masalah tersebut, “Kenapa orang yang sudah diblokir kok masih bisa baca status saya?”

tags: , , , , , ,