Selamat dari Penipuan Lowongan Kerja dan Travel

Rabu, September 4th 2013. | Cerita Kriminal

Modus penipuan semakin berkembang saja dari hari ke hari, mulai dari penipuan dengan modus menang undian berhadiah, penipuan berlabel investasi abal-abal, hingga penipuan berkedok lowongan kerja dan travel. Media yang digunakan penipu pun sudah sangat beragam mulai dari SMS / telpon, email, Facebook, dan media lainnya.

penipuan-lowongan-kerjaSalah satu teman saya yang juga tetangga di perumahan Cikampek Baru, Jatisari, Karawang, baru saja hampir kena tipu dengan modus lowongan kerja dan travel. Momen yang tepat adalah modal penipu menjaring korban. Teman yang sedang mencari pekerjaan lalu mendapat informasi lowongan kerja dari penipu awalnya tidak menyangka sama sakali bahwa lowongan tersebut adalah fiktif dan palsu. Bila awalnya sudah yakin penipuan pasti diabaikan, tapi karena tidak menyangka maka diladeni tuh SMS.

Cerita bermula ketika teman saya (calon korban) mendapat SMS berupa informasi tes calon karyawan baru di perusahaan batu bara di Balikpapan. [info dari perusahaan kok SMS, ga modal bgt PT nya] Karena tertarik dengan informasi tersebut, calon korban langsung menghubungi nomor HP perusahaan yang ada di SMS. [aneh: nomor perusahaan kok nomor HP] Dari hasil telpon tersebut, pihak HRD perusahaan menginformasikan bahwa calon pelamar silahkan datang langsung ke perusahaan di Balikpapan. Adapun biaya transportasi pulang pergi akan diganti 100% ketika pelamar sampai di perusahaan di Balikpapan baik pelamar diterima kerja ataupun tidak.

Mendengar “ongkos PP akan diganti 100% baik diterima atau tidak” tersebut, calon korban tentu tidak galau uangnya habis dipakai ongkos, toh nanti akan diganti. Bilapun tidak punya uang ya bisa pinjam dulu sana sini asalkan sampai ke tempat lowongan kerja yang dituju.

Informasi lebih lanjut dari HRD perusahaan via telpon bahwa agar ongkos-ongkos pelamar diganti maka harus menggunakan jasa travel yang sudah bekerjasama dengan perusahaan. [masa sih begitu] Pelamar lalu diberikan nomor HP travel yang ditunjuk. [nomor telpon travel: masih nomor HP]

Calon korban langsung telpon nomor HP travel yang tadi diberikan HRD perusahaan. Pihak travel membenarkan bahwa perusahaan batubara di Balikpapan yang disebut pelamar telah bekerja sama dengan travel tersebut dan sudah biasa melayani jasa perjalanan dinas karyawan dari dan ke luar kota Balikpapan. [kerjasama tipu menipu kali]

Hasil pembicaraan via telpon dengan pihak travel tersebut akhirnya pihak travel meminta pelamar menstransfer sejumlah uang untuk biaya transportasi (tiket pesawat dan lain-lain) hingga sampai di lokasi perusahaan di kota Balikpapan. [mulai maen nih] Diberikan juga nomor rekening Bank travel yang ternyata nomor rekening atas nama pribadi. [kalo benar harusnya a/n PT atau CV travel dong]

Jika saja pelamar sampai jadi mentransfer uang ke travel maka wassalam [kata penipu] karena uang tidak akan pernah jadi tiket dan panggilan lowongan kerja yang diharapkan juga tidak akan kunjung datang.

Kembali ke teman saya yang mengalami kejadian diatas. Alhamdulillah,  dia sebelum transfer terlebih dulu konsultasi dengan beberapa orang termasuk saya dan dengan travel yang ada di Cikampek menanyakan prosedur pemesanan (booking) dan pembelian tiket hingga akhirnya tidak sampai mentransfer uang sepeserpun ke travel dan selamat dari penipuan.

Hati-hati untuk kawan-kawan lain, jangan sampai karena kegirangan duluan ada lowongan kerja yang sesuai main transfer aja ke penipu. Semoga tidak terjadi yaa!

 

Incoming search terms:

tags: , , , , , , ,